Penjelasan lengakap mengenai CPC, PPC, CPM, PPC, CPA, CPL, CPS, dan CTR


Kata tentang CPC, PPC, CPM, CPA, CPL, CPS, dan CTR bukan merupakan sesuatu yang asing lagi di dunia periklanan. Disetiap liku kehidupan banyak yang menawarkan media perikalan baik dalam offline maupun online. Nah, untuk anda yang akan menjadi Publisher iklan tentu hal ini wajib anda ketahui karena  pada metode periklanan akan berbeda-beda dari segi sifat. Dengan mengetahuinya, anda dapat menentukan iklan mana yang akan cocok pada produk/jasa yang akan anda promosikan nanti. Mari simak beberapa macam sifat periklanan sehingga anda tau perbedaan CPC, CPM, PPC, CPA, CPL, CPS, dan CTR.

Pengertian CPC (Cost per Click)
CPC adalah biaya yang diajukan oleh pihak pemasang iklan (Advertiser) setiap klik yang diterima advertiser. Jadi setiap terjadi klik pada iklan, maka si penayang iklan (publisher) akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan besarnya nilai CPC iklan tersebut. Tiap kliknya akan dikalikan dengan harga CPC yang ditawarkan.

Sebagi contoh seorang publisher yang menayangkan iklan dan mendapatkan total 200 klik, sedangkan pihak advertiser menawarkan CPC seharga 5.000. Jadi penghasilan yang Publisher dapatkan
200 x 5000 = 1.000.000

Contoh penyedia iklan yang menawarkan cpc: Google Adsense, Adnow, Chitika, dll

Pengertian PPC ( Pay per Click)
Sama halnya dengan CPC, PPC adalah metode periklanan yang dimana Advertiser akan menghargai iklan apabila iklan tersebut sudah di klik

Pengertian CPM (Cost per Miles)
CPM adalah biaya yang diajukan Advertiser setiap 1000 penyangan. Jadi, Publisher akan mendapatkan bayarannya setelah jumlah penyangan mencapai 1000 dan terus kelipatannya.

Contoh anda adalah publisher menayangkan iklan si A dan anda memperoleh 3500 pengunjung dan CPM yang ditentukan adalah 50.000. Maka biaya yang akan anda terima dari advertiser
(3500 : 1000) x 50.000 = 175.000

Contoh penyedia iklan yang menawarkan CPM adalah google adsense. Biasanya CPM dijadikan sistem pembayaran pada shorturl.

Pengertian CPA (Cost per Action)
CPA adalah biaya yang diajukan advertiser kepada publisher setiap melakukan action, artinya Publisher akan menerima bayarannya setelah melakukan aksi dari advertiser

Contoh anda memiliki sebuah website dan ada seseorang advertiser yang ingan memasang iklan di website anda, kemudian advertiser Menjanjikan CPA 2 juta ketika anda mau memasang spanduk advertiser di slot iklan atas dan bawah pada website.

Pengertian CPS (Cost per Sale)
CPS adalah keuntungan sekian persen atas terjualnya produk berkat memasang iklan pada publisher.

Contoh advertiser menawarkan CPS 10% pada penjualan sapi seharga 10 juta. Maka apbila terjual publisher akan mendapatkan 1juta.

Pengertian CPL (Cost per Lead)
CPL adalah biaya yang ditawarkan kepada kepada publisher dari jumlah pengunjung yang telah melakukan pendaftaran. Biasanya pendaftaran tersebut berupa nama, email, umur, dan sebagainya

Pengertian CTR ( Click Though Rate)
CTR adalah perbandingan antara jumlah klik dengan jumlah views dalam bentuk presentase %.

Contoh Konbanwa.net memperoleh 2000 tayangan kemudian iklan terklik sebanyak 20. Maka, (20:2000) x 100% = 1%. Jadi nilai CTR pada 2000 penayangan adalah sebesar 1%.

CTR bisasanya kerap dijadikan alternatif pengawas iklan google adsense bagi para publisher. CTR yang wajar biasanya diantara 1-6%. Namun, apabila presentase CTR melebihi 100% makaterdapat perilaku tidak wajar pada iklan adsense (Bom klik, klik sendiri, dsb)


Demikian artikel tentang pengertian Macam iklan yang ada di internet, sebagai advertiser tentu sudah hal wajib yang harus di ketahui. Besar harapan penulis artikel ini dapat bermanfaat bagi anda

0 Response to "Penjelasan lengakap mengenai CPC, PPC, CPM, PPC, CPA, CPL, CPS, dan CTR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel